Kegiatan positif yang bisa kamu lakukan saat swakarantina di rumah

Kegiatan positif yang bisa kamu lakukan saat swakarantina di rumah

Wabah Corona mulai merebak di berbagai negara seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Virus ini awalnya ditemukan di Wuhan, China kemudian meluas ke negara-negara tetangga di Asia Timur seperti Korea, Jepang, negara-nagara di benua Eropa, Amerika dan Juga Afrika. Tidak berlebihan kalau WHO, Organisasi Kesehatan Dunia di bawah PBB melabeli virus ini sebagai pandemi global.

Sejumlah usaha dan upaya pun dilakukan oleh para pemerintah di negara-negara yang terjangkiti virus tersebut agar penularan virus dari orang ke orang bisa ditekan dan dicegah agar tidak terus meluas. Negara Indonesia pun tak ketinggalan melakukan upaya dan kebijakan regulasi melalui pemerintah pusat dan daerah salah satunya adalah social distancing, juga belajar, bekerja dan beribadah dari rumah, yang memunculkan trending topik dari rumah aja dan hashtag #darirumahaja menghiasi linimasa di sosial media dan berbagai portal berita online hampir setiap hari.

Mungkin bagi sebagian orang yang bekerja di bidang informal yang harus bekerja keluar rumah kebijakan tersebut dirasa sulit karena akan mengurangi pendapatan mereka. Tapi setidaknya kita yang masih bisa mematuhi regulasi  pemerintah bekerja dari rumah dapat mendukung upaya pemerintah demi menekan laju penyebaran virus ini.

Selain bekerja dari rumah, sebenarnya kita juga bisa melakukan aktifitas yang menyenangkan dan positif. Lantas kegiatan positif apa sajakah  yang menyenangkan dan  bisa kita lakukan di rumah selama masa pandemi ini belum berakhir? Yuk cek informasinya di artikel ini.

1. Nonton film-film seru yang terlewatkan untuk ditonton

Karena kesibukan kerja atau kuliah dengan berbagai tugas dan deadline dari kantor, membuat kita tidak sempat nonton film-film box office yang tayang akhir tahun lalu atau awal tahun ini. Kalau kita punya banyak waktu luang di rumah, kesempatan ini bisa digunakan untuk nonton film streaming seperti di Netflix, Iflix dan layanan film streaming lainnya

2. Belajar dan upgrade skill baru secara daring / Online

Mungkin kamu adalah seorang pekerja kreatif di bidang periklanan atau desain, mungkin juga kamu adalah seorang mahasiswa tingkat akhir. Kalau di rumah ada wifi yang stabil, kamu bisa coba belajar untuk meningkatkan skill dan kemampuan kamu di beberapa kelas Online yang bisa diakses secara gratis ataupun berbayar. Misalnya di skillacademy yang memberi akses gratis kelas selama 2 minggu pada awal April lalu.

3. Membaca buku digital/e-book

Kalau biasanya kita mengkonsumsi informasi dari linimasa sosmed dan portal berita yang isinya tentang update virus corona hampir tiap detik dan tiap hari, bisa membuat psikologis kita agak terganggu dengan berita-berita tersebut . Untuk itu cobalah membuat variasi dengan membaca buku digital yang bisa diunduh secara gratis atau berbayar di internet. Membaca buku digital dapat sedikit mengalihkan perhatian kita dari pemberitaan update virus di media masa dan menjaga keseimbangan berpikir kita dengan memberi asupan otak kita dengan informasi yang lebih inspiratif dan bermanfaat dari buku digital yang kita baca.

4. Memasak

Gabut di rumah karena banyak deadline tugas dari kantor atau tugas kuliah?. Mungkin saat yang tepat bagi kamu untuk mencoba memasak masakan sendiri. Cobalah masak masakan yang simple dan mudah yang bahan-bahanya mudah didapatkan di dapur atau freezer. Misalnya menu tempe dan telur goreng dan  tumis sayur yang simple juga mudah didapatkan tutorialnya di internet. Memasak sendiri di rumah adalah alternatif berhemat di masa melewati pandemi ini jika ada kebijakan dari kantor atau tempat kita bekerja memotong uang transport karena kita tidak datang ke kantor atau kita dibatasi pergi ke kantor selama Work From Home, nah benar gak sih..

5. Menulis di blog

Bikin blog itu gratis dan banyak paltform yang menyediakan user/penggunanya mendaftar dengan gratis. Misalnya blogger, wordpress, medium, dsb. Punya blog pribadi sih sudah kali ya, tapi karena kesibukan kerja kamu atau tugas kuliah blog jadi tidak pernah update lagi. Mumpung punya banyak waktu  luang di rumah, coba deh buka-buka lagi blognya. Kamu bisa menulis atau menceritakan kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan saat melewati masa pandemi ini.

6. Mencoba bisnis baru

Kalau kamu adalah pekerja yang terdampak dengan kebijakan Work From Home ini, dan mungkin mengurangi pendapatan bulanan kamu, tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah, misalnya menjadi dropshipper. Dropshipper tidak perlu stok barang karena barang sudah disediakan oleh suplier besar. Dropshipper cukup posting produk  di marketplace dan sosmed dan kalo produknya memang bagus, tinggal menunggu orderan datang dari calon konsumen. Siap-siap aja kalo misalnya stok di suplier habis dan konsumen komplain karena barangnya cacat/rusak., hadapi dengan sabar ya..hehe

7. Menjadwal ulang rencana kegiatan yang terhenti atau tertunda

Karena banyak kegiatan yang dibatalkan atau tertunda saat masa melewati masa pandemi, ketika di rumah kamu bisa mencoba untuk menjadwal ulang kegiatan-kegiatan tersebut. Kalo masih memungknkan diganti dengan teleconference dengan menggunakan aplikasi zoom, skype dan lainnya. Kalau tidak memungkinkan dilakukan secara online, bisa dijadwalkan di 3 bulan ke depan atau di akhir tahun ini setelah krisis ini benar-benar berakhir.

8. Membuat list rencana jangka pendek dan jangka panjang

Kamu sudah bekerja di kantor selama 3 tahun, atau baru mendapat pekerjaan baru. Kamu seorang mahasiswa tingkat awal atau lagi menyusun tugas akhir/skripsi. Dengan banyaknya waktu luang di rumah,gak ada salahnya dong menyusun rencana jangka pendek dan rencana jangka panjangmu di masa yang akan datang dan bagaimana usaha-usaha yang kamu tempuh untuk meraihnnya. Misalnya bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, tetapkan target berapa lama skripsi akan diselesaikan dan upaya apa yang sudah dilakukan selama ini, kalau sudah wisuda kamu bisa menetapkan target untuk segera mendapatkan pekerjaan. Dengan membuat list ini bisa mambantu  kita lebih fokus dalam menetapkan target dan mimpi kita di masa akan datang.

9. Belajar membuat variasi konten

Kalo kamu sudah punya blog yang isinya sudah lumayan banyak artikelnya tapi sepi pengunjung, dengan sedikit skill editing gambar/foto kamu bisa mencoba mengubah artikel tersebut menjadi microblog dan mempostingnya di Instagram. Bisa juga kamu ubah konsepnya artikel menjadi format audio dan menguploadnya di podcast dengan format ngobrol ala-ala penyiar radio kesayangan. Punya basic skill video editing? kamu bisa coba ubah lagi konsep artikel kamu menjadi artikel opini dan kamu berbicara di depan kamera untuk mengungkapkan narasi atau argumen dari blog artikel yang sudah kamu buat agar bisa menginspirasi atau mengedukasi penonton, setidaknya sih bisa menghibur kali ya. Kalo videonya sudah jadi kamu bisa upload di channel Youtube kamu. Siapa tahu setelah melewati masa sulit ini, kalau kamu bisa meluangkan waktu untuk melatih ketrampilan-ketrampilan tersebut di atas secara konsisten, kamu bisa menjadi konten kreator level pemula dan secara bertahap menjadi konten kreator level profesional.

Demikianlah kegiatan-kegiatan alternatif pengisi waktu selama kamu belajar atau bekerja dari rumah. Tetap positif thinking dan produktif dari rumah. Selamat mencoba.